Yuk, Ikuti Cara Daftar UMKM Online 2022 Lewat HP Android

Lkbh-fhui.id – Mendirikan UMKM saat ini tentu saja berbeda sistemnya pada zaman dulu. Biasanya masyarakat hanya perlu mendirikan usaha yang ingin digeluti tanpa mengurus Surat Izin Usaha kepada pemerintah. Nah, sekarang kamu perlu tahu cara daftar UMKM secara online demi kelancaran usaha kedepannya. 

Memang tidak semua orang ingin mengurus surat izin saat baru pertama kali membuka usahanya. Mungkin kebanyakan dari mereka berfikir bahwa usaha yang dikembangkan tidak terlalu besar, sehingga khawatir akan ditagih oleh pajak. Padahal sebenarnya mengurus surat izin usaha itu penting lho!

Pelaku usaha yang bersedia mengurus surat perizinan akan mendapatkan banyak manfaat dari segi hukum ataupun pengembangan usaha. Berminat mendaftarkan UMKM? cara daftar UMKM bisa secara online melalui sistem OSS (Online Single Submission). 

Persyaratan untuk Mendaftarkan UMKM Secara Online

langkah-daftar-umkm

Sebelum mengetahui cara daftar UMKM online, kamu perlu menyiapkan beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Sama dengan syarat pendaftaran pada umumnya, berikut ini dokumen-dokumen penting yang perlu kamu persiapkan sebelum mendaftarkan UMKM secara online. 

Persyaratan Umum Mendaftarkan UMKM

  1. Pendaftar UMKM merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia. 
  2. Pendaftar UMKM tidak sedang berprofesi sebagai TNI/POLRI, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta bukan bagian dari kepegawaian BUMD atau BUMN. 
  3. Pendaftar UMKM tidak dalam keadaan menerima KUR (Kredit Usaha Rakyat) ataupun pinjaman bank. 
  4. Pendaftar UMK memiliki usaha mikro yang sedang dikembangkan dan dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM. Surat usulan biasanya didapatkan dari UKM wilayah setempat atau Dinas Koperasi. 

Dokumen Mendaftarkan UMKM Online

  1. Menyiapkan dokumen KK (Kartu Keluarga).
  2. Menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  3. Bukti kepemilikan UMKM berupa SKU (Surat Keterangan Usaha). Pendaftar juga perlu mempersiapkan IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil) dan NIB (Nomor Induk Berusaha).
  4. Foto jelas usaha UMKM yang dikembangkan. 
  5. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan juga UKM dari wilayah setempat. 

Tahapan Cara Daftar UMKM Secara Online

tahapan-daftar-umkm-online

Jika kamu sudah merasa memenuhi semua persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, maka ikuti langkah berikut ini untuk melakukan pendaftaran UMKM secara online. Pastikan bahwa koneksi internetmu stabil ketika membuka website pendaftaran izin usaha agar tidak perlu mengulang kembali. 

Langkah Pendaftaran UMKM Lewat Sistem OSS (Online Single Submission)

  1. Silahkan masuk pada halaman website resmi OSS lewat situs https://oss.go.id.
  2. Bagi kamu yang baru pertama kali mendaftarkan UMKM secara online, maka bisa melakukan registrasi lewat menu “Registrasi” akun agar bisa login dengan mudah. 
  3. Lakukan login bagi kamu yang sudah berhasil memiliki akun pada website OSS.
  4. Jika sudah memasuki halaman utama login, maka klik tombol “Perizinan Berusaha” lalu klik pilihan “Perseorangan”.
  5. Pada halaman selanjutnya, silahkan pilih menu “Pendaftaran NIB” sesuai dengan kegiatan usaha yang sedang dikembangkan. 
  6. Biasanya pada halaman berikutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data lengkap terkait identitas diri, jenis usaha, luasan usaha, upload dokumen yang dibutuhkan, dan masih banyak data lainnya yang perlu dilengkapi dengan benar. 
  7. Periksa kembali semua data yang sudah kamu masukkan dalam website untuk memastikan kebenarannya. 
  8. Selanjutnya klik tombol “Simpan” dan “Lanjutkan”.
  9. Masukkan seluruh rangkuman data yang sebelumnya sudah diisi kemudian klik centang pada kotak disclaimer yang tersedia. 
  10. Langkah terakhir silahkan klik proses NIB, maka tunggu beberapa waktu cara daftar UMKM online lewat OSS sudah berhasil dilakukan. 

Biasanya untuk usaha skala kecil perlu mengajukan izin lokasi serta lingkungan pada bagian formulir komitmen prasarana usaha. Bagi kamu yang mendaftarkan UMKM berbeda dengan alamat domisili, maka perlu melampirkan persyaratan SKU (Surat Keterangan Usaha) dari instansi yang bersangkutan. 

Untuk memudahkan proses dalam mendaftarkan UMKM online terpenuhi dengan baik, maka kamu sebagai pelaku UMKM perlu membuat SKU lewat kantor kelurahan. SKU tersebut nantinya akan disahkan langsung oleh kantor kecamatan sebagai syarat untuk bisa melakukan pengajuan bantuan. 

Langkah Pembuatan NIB

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa saat mendaftarkan UMKM secara online perlu menyiapkan dokumen berupa NIB (Nomor Induk Bersama). Bagi kamu yang belum memilikinya, bisa melakukan beberapa prosedur berikut untuk mendapatkannya. 

  1. Membuka laman resmi OSS yaitu https://oss.go.id/oss.
  2. Langkah berikutnya, silahkan klik menu “Daftar” yang terletak pada bagian pojok kanan atas.
  3. Silahkan isi data diri secara lengkap dan benar pada kolom yang sudah tersedia pada website.
  4. Jika semua data sudah terisi lengkap, maka kamu bisa langsung melakukan aktivasi akun lewat tombol aktivasi yang tersedia. 
  5. Masuk kembali pada halaman OSS dan masuk dengan menggunakan akun yang sebelumnya sudah aktif.
  6. Klik menu “Perizinan Mikro” dan selanjutnya “Pengajuan Baru”.
  7. Pada tahapan ini, kamu akan diminta untuk memasukkan nama usaha, kegiatan usaha, sektor usaha, alamat usaha, sarana usaha, jumlah tenaga kerja, status usaha hingga perkiraan penjualan. Isi data diatas secara lengkap dan benar untuk memudahkan proses pendaftaran.
  8. Jika semua data sudah terisi lengkap, maka kamu bisa klik “Simpan Data”.
  9. Klik tombol “Proses NIB” dan tunggu beberapa saat sampai NIB siap untuk diterbitkan. 

Tips Membuat IUMK Online

Selain memerlukan adanya persyaratan NIB, cara daftar UMKM secara online juga perlu melampirkan IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil). Jika kamu belum memilikinya, maka bisa mengikuti prosedur dan langkah pembuatan IUMK dibawah ini. 

  1. Silahkan buka formulir pendaftaran yang terdapat pada halaman http://oss.go.id/oss
  2. Jika belum memiliki akun bisa melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bisa langsung login menggunakan email dan sandi yang sudah terdaftar. 
  3. Untuk mengurus IUMK online, pilih menu “Perizinan Berusaha” lalu klik “Pembuatan Izin Perseorangan”.
  4. Isi semua data secara lengkap dan benar sesuai dengan KTP, kemudian klik “Simpan” dan klik “Selanjutnya”.
  5. Pada halaman berikutnya terdapat tahapan yang bisa kamu ikuti kemudian masuk bagian formulir “Komitmen Prasarana Usaha”.
  6. Berikutnya kamu klik “Permohonan Izin Lokasi dan Lingkungan” jika memang dibutuhkan, lalu klik “Selanjutnya”.
  7. Jika semua tahap sudah dilewati, maka akan terlihat tampilan NIB serta Izin Usaha serta cetakannya. Kamu juga bisa melihat bentuk cetakannya dalam format QR lewat tombol “Preview Izin Usaha QR”.

Manfaat Mengurus Surat Perizinan Usaha

Sebagai pelaku usaha tentunya kamu ingin segala sesuatu bisa berjalan dengan lancar, langgeng tanpa ada kendala sedikitpun. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan usaha yaitu dengan mengurus surat izin usaha. Apa sih manfaat mengurus pendaftaran UMKM secara online?

  • Sebagai Sarana Pelindung Hukum

Ketika menyaksikan berita dari televisi, maka kamu pasti sering menemui kasus pembongkaran terhadap pedagang kecil. Tindakan tersebut sebenarnya disebabkan karena ketidakpatuhan pedagang terhadap aturan hukum yang masih berlaku seperti mengurus surat kepemilikan usaha.

Dengan adanya surat izin usaha, maka kamu akan terhindar dari tindakan pembongkaran ataupun penertiban. Hal ini bisa menimbulkan kenyamanan dan rasa aman bagi kamu para pelaku bisnis untuk menunjang keberlangsungan usaha kedepan. 

  • Sebagai Bukti Mengikuti Hukum 

Dengan didukung unsur legalitas yang memadai, maka bisa menandakan bahwa pengusaha telah mematuhi segala aturan hukum yang masih berlaku. Mematuhi hukum yang berlaku akan membantu untuk menegakkan budaya disiplin yang terdapat dalam diri. 

Kepatuhan para pelaku usaha merupakan bagian terkecil dari tindakan yang bisa dilakukan terhadap negara dan pemerintah. Dengan mengurus dokumen penting usaha, maka kamu akan terhindar dari segala bentuk penyimpangan aturan terhadap kebijakan usaha.

  • Sebagai Sarana Promosi

Kegiatan promosi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omzet penjualan sebagai ajang untuk memperkenalkan usaha baru. Dalam aktivitas promosi tersebut, kamu juga perlu menjelaskan secara detail produk atau jasa yang ditawarkan. 

Dengan memahami cara daftar UMKM dan mengurus dokumen penting untuk menjalankan usaha, maka secara tidak langsung kamu akan lebih mudah melakukan serangkaian promosi. Kegiatan promosi usaha secara administratif dan inventaris akan semakin mudah untuk dilakukan. 

  • Memudahkan Proses Mengembangkan Usaha

Suatu bisnis yang bisa mencapai target signifikan, keuntungan yang meningkat, dan aliran modal lancar bisa mendatangkan prospek yang bagus untuk masa depan. Kondisi demikian sangat mendukung untuk membuka cabang usaha baru di beberapa daerah tertentu.

Untuk membuka cabang usaha tentu saja memerlukan ketersediaan dana segar agar bisa merealisasikan keinginannya. Solusi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana segar dengan meminjam bank. Dengan surat izin usaha lengkap, maka hal itu akan lebih mudah dilakukan. 

  • Mudah Mendapatkan Proyek

Setiap pengusaha tentunya ingin kegiatan usaha yang dijalankan bisa mendatangkan kemajuan. Misalnya ada perusahaan yang mengajukan tender, maka tentunya memerlukan dokumen lengkap untuk bisa memenangkan tender dan mengurus perizinan lainnya. 

Izin usaha memberikan arti penting bagi suatu UMKM untuk bisa menjalankan bisnisnya secara optimal. Dengan kata lain, izin usaha bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperluas pangsa pasar dan relasi bisnis yang bisa terjalin lebih luas. 

Mengenal Macam-Macam Jenis UMKM

jenis-jenis-umkm

Sudah paham kan cara daftar UMKM yang bisa dilakukan dengan mudah secara online? Nah, berikutnya kamu perlu memahami bidang-bidang yang termasuk dalam UMKM. Adapun jenis-jenis UMKM yang sering ditemui di Indonesia adalah sebagai berikut. 

Jenis Usaha Kecil

Usaha kecil merupakan suatu usaha yang dibangun dan dikembangkan sendiri oleh badan usaha ataupun perorangan. Pada umumnya usaha digolongkan skala kecil jika pendapatannya masih dibawah 300 juta per tahunnya. 

Jenis usaha kecil memiliki peluang besar untuk berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar. Ciri-ciri dari usaha kecil yaitu tidak memiliki sistem pembukuan yang jelas, usaha non ekspor dan impor, memiliki modal usaha terbatas, dan kesulitan dalam memperbesar skala usaha. 

Jenis UMKM skala kecil yang sering ditemui di sekitar misalnya restoran lokal, perusahaan perorangan, toko pakaian lokal, restoran lokal, dan masih banyak lagi. Usaha kecil bukan cabang dari suatu perusahaan, tetapi menjadi bagian dari usaha besar atau menengah. 

Usaha Mikro

Usaha mikro merupakan badan usaha yang masih produktif secara perorangan dan memiliki kekayaan bersih mencapai 50 juta tiap bulannya. Usaha mikro juga memiliki ciri seperti sulit mendapatkan bantuan perbankan, catatan keuangan belum sistematis, dan barang berubah-ubah.

Barang yang dijual oleh usaha mikro biasanya mudah berubah-ubah, karena memang bergantung pada musim pasar atau minat konsumen. Bentuk dari usaha mikro juga relatif kecil contohnya peternak ayam, tambal ban, warung kelontong, tukang cukur, dan masih banyak lagi. 

Usaha Menengah

Bagi kamu para pelaku usaha menengah juga perlu memahami cara daftar UMKM sesuai dengan prosedur yang berlaku. Badan usaha bisa dikatakan sebagai usaha menengah jika labanya bersih dan memiliki kekayaan aset mencapai 500 juta per bulan. 

Jenis UMKM menengah yang sering ditemui disekitar biasanya usaha ekonomi produktif yang sudah lama berdiri sendiri. UMKM menengah bisa didirikan secara perseorangan ataupun dari suatu badan usaha seperti perdagangan ekspor impor, usaha perkebunan, dan lain-lain. 

Risiko Memiliki Bisnis Tanpa Surat Izin Usaha

resiko

Perlu kamu ketahui bahwa memiliki ide dan kreatifitas saja tidak cukup untuk membangun sebuah bisnis. Legalitas merupakan salah satu aspek penting yang perlu dipenuhi oleh setiap perusahaan untuk mematuhi aturan pemerintah sekaligus mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik lagi. 

Masih banyak perusahaan yang berpikir bahwa mengurus legalitas suatu perusahaan itu membutuhkan waktu lama dan biaya besar. Padahal saat ini pemerintah sudah menyediakan opsi cara daftar UMKM secara online yang lebih mudah. Berikut beberapa risiko jika UMKM tidak memiliki surat izin usaha yang legal. 

  • Tidak Bisa Mengembangkan Bisnisnya Secara Optimal

Jika kamu ingin melakukan ekspansi bisnis dari nasional ke internasional, maka membutuhkan legalitas usaha untuk meningkatkan kepercayaan klien atau konsumen. Tanpa ada surat izin usaha yang jelas, maka kamu akan mengalami kesulitan dalam melakukan ekspor impor nantinya. 

  • Tidak Ada Bentuk Perlindungan Hukum

Walaupun tanpa legalitas, usaha kamu bisa saja masih tetap bisa berjalan lancar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa di pertengahan jalan kegiatan usahamu tiba-tiba diberhentikan secara tiba-tiba atau dibekukan oleh instansi pemerintah. 

Jika kamu sudah mengurus dan memiliki dokumen legalitas yang sesuai, maka kegiatan usahamu akan tercatat dan tersimpan resmi langsung oleh pemerintah. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih aman dalam menjalankan kegiatan usaha lancar tanpa halangan apapun. 

  • Kredibilitasnya Sangat Diragukan

UMKM tanpa ada surat izin usaha ataupun NIB (Nomor Induk Berusaha) kredibilitasnya masih sangat diragukan oleh pihak manapun. Oleh sebab itu, ada baiknya bagi kamu pelaku bisnis skala kecil, mikro, ataupun menengah bersedia meluangkan waktu untuk mengurus legalitas bisnis.

Dengan adanya legalitas bisnis, maka akan membantu meningkatkan kepercayaan pelayanan usaha di mata investor, konsumen, mitra kerja, atau pihak lainnya. Hal ini bisa berdampak positif bagi berlangsungnya sebuah bisnis, karena keuntungan bisa saja meningkat sewaktu-waktu. 

  • Sulit Memperoleh Bantuan Dana

Ketika menjalankan suatu usaha, tidak selamanya kamu akan mendapatkan keuntungan sesuai keinginan. Oleh sebab itu, ada kalanya kamu akan membutuhkan suntikan dana baik dari bank ataupun investor untuk bisa mengembangkan bisnis kedepannya. 

Hal ini mungkin sulit didapatkan bagi usaha yang tidak memiliki legalitas yang jelas, karena pengajuan kredit usaha tentunya membutuhkan surat keterangan dari pemerintah. Tidak hanya itu, investor usahamu juga akan merasa ragu untuk berinvestasi karena takut mengalami hal yang tidak di inginkan. 

Berminat untuk mengurus surat izin usaha? Langsung saja ikuti cara daftar UMKM lewat sistem OSS (Online Single Submission) yang dijelaskan sebelumnya. Legalitas usaha akan meningkatkan peluang dan keuntungan yang lebih besar lho, jadi lebih baik segera urus perizinan usaha mulai dari sekarang!

Lihat Juga :